Sabtu, 21 Februari 2009

Hamas Surati Barack Obama


Jerusalem, Padek--Senator Amerika Serikat John Kerry membawa surat yang ditujukan untuk Presiden Barack Obama. Surat itu diyakini dari faksi perlawanan Palestina Hamas. Kerry bersama seorang Senator dari Partai Demokrat lainnya mengadakan kunjungan ke Jalur Gaza sejak Kamis (19/2). Diplomat yang pernah maju dalam pemilihan presiden AS pada 2004 itu, merupakan pejabat AS pertama yang mengunjungi Jalur Gaza sejak Hamas menguasai wilayah itu sejak Juni 2007.

”Surat yang ditujukan untuk Obama itu baru dibawa dari kantor kami di Gaza. Diyakini surat itu dari Hamas,” kata Christopher Gunness, petugas badan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA seperti dikutip AFP, Jumat (20/2).

Namun Gunnes mengaku tidak mengetahui apa isi surat itu. ”Kami sangat menjaga sopan santun di kantor UNRWA. Kami tidak membuka surat orang lain,” ungkapnya.

Gunnes menambahkan surat diberikan kepada salah satu Senator AS berpengaruh itu saat bertemu dengan pejabat PBB saat mengunjungi beberapa lokasi di Gaza. Dalam kunjungannya, Kerry tidak menemui satu pun perwakilan Hamas. Namun dia menandaskan bahwa kunjungannya itu tidak terkait dengan apa pun kebijakan negaranya terhadap Hamas.

Rencananya, Jumat (20/2), Kerry akan melakukan pertemuan dengan Presiden Israel Simon Peres. Kepala Komite Urusan Luar Negeri Senat AS ini juga dijadwalkan mengunjungi Syria Sabtu (21/2) besok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar